Profile image

IFX-50 Nusantara Merdeka [In Progress]

9,871 LuminoxBiotechCompany  1.3 years ago

This page is use Indonesian language, click the translate button to use your language.

IFX-50 Nusantara Merdeka🇮🇩


Progres pesawat fiksi saya, saya membuatmya untuk unit Red Eagle Dari teman saya @Deko

Sejarah pesawat

Konsep

• IFX-50 Nusantara Merdeka pertama kali dikonsep pada akhir 1990-an oleh tim insinyur dan desainer dirgantara di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menciptakan pesawat tempur generasi mendatang yang mampu bersaing dengan yang terbaik di dunia dan melayani kebutuhan Angkatan Udara Indonesia.


Pengembangan

• Pengembangan IFX-50 dimulai pada awal tahun 2000-an, dengan prototipe pertama diluncurkan pada tahun 2005. Pesawat ini memang tidak dirancang untuk memiliki kemampuan siluman yang canggih, namun tetap menerapkan avionik yang sangat terintegrasi, dan sistem persenjataan yang kuat.

Penerbangan Pertama

• Penerbangan pertama IFX-50 dilakukan pada tahun 2007, dan dengan cepat terbukti sebagai pesawat yang mampu dan serbaguna. Itu mampu terbang dengan kecepatan supersonik dan memiliki tingkat kemampuan manuver yang tidak terlalu tinggi membuatnya ideal untuk pertempuran udara-ke-darat maupun permukaan.

Teknologi

• IFX-50 juga memiliki rangkaian radar dan sensor yang canggih, memungkinkannya menemukan dan melacak target dengan sangat akurat. Selain itu, ia dilengkapi dengan berbagai rudal udara-ke-darat dan udara-ke-kapal, memberikannya kemampuan untuk melakukan berbagai misi.

Pemesanan unit

• Angkatan Udara Indonesia memesan awal 50 IFX-50 pada tahun 2010, dengan pesawat operasional pertama dikirim pada tahun 2012. IFX-50 dengan cepat menjadi tulang punggung Angkatan Udara Indonesia, melayani dalam berbagai peran termasuk pertahanan udara , serangan darat, dan serangan permukaan.

Peremajaan

• IFX-50 terus diperbarui dan ditingkatkan, untuk meningkatkan kinerja dan kemampuannya, untuk mengikuti teknologi terbaru dan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara Indonesia yang terus berubah.

Penghargaan

• IFX-50 Nusantara Merdeka telah berpartisipasi dalam berbagai latihan militer internasional dan terbukti menjadi pesawat tangguh yang disegani oleh negara-negara lain di kawasan asia tenggara.

• Sampai hari ini, IFX-50 Nusantara Merdeka tetap beroperasi dengan TNI AU dan diharapkan akan beroperasi di tahun-tahun mendatang.

Persenjataan

IFX-50 Nusantara Merdeka juga dilengkapi beberapa persenjataan, di antaranya yaitu:

Rudal Udara ke Udara

• AIM-9A Garuda Strike


dikembangkan pada akhir 1950-an oleh tim penelitian dan pengembangan militer indonesia. Itu dirancang untuk menjadi rudal udara-ke-udara yang sangat bermanuver yang dapat menghancurkan jet tempur musuh dengan presisi dan kecepatan. Rudal dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai salah satu senjata paling efektif di gudang senjata militer, dan digunakan secara luas dalam konflik sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an.

Rudal Udara Ke Darat

• AGM-26H Jagat Raya


dikembangkan pada tahun 1970-an sebagai rudal udara-ke-darat yang kuat. Itu dirancang untuk dapat mengambil target darat ringan, seperti konvoi kendaraan dan tank. Rudal itu dilengkapi dengan sistem panduan canggih yang memungkinkannya mencapai target secara akurat, bahkan dalam kondisi cuaca buruk. Dengan cepat menjadi salah satu senjata militer yang paling dipercaya dan diandalkan, dan digunakan dalam berbagai konflik sepanjang tahun 1980-an dan 1990-an.

Udara Ke Permukaan

• ASM-34C Lautan Api


dikembangkan pada awal tahun 2000-an sebagai generasi baru rudal udara-ke-permukaan. Rudal-rudal ini dirancang agar sangat tepat dan akurat, mampu menghancurkan target berukuran sedang hingga besar sekalipun, seperti kapal patroli, korvet, fregat, hingga kapal perusak. Mereka dilengkapi dengan sistem panduan canggih, dan mereka dapat ditembakkan dari berbagai pesawat, termasuk jet tempur dan helikopter.

• ASM-37X Cakrawala


dikembangkan pada awal tahun 2000-an oleh tim penelitian dan pengembangan rahasia di dalam militer Indonesia. Rudal itu dirancang untuk menjadi rudal udara-ke-permukaan yang sangat presisi dan akurat, mampu menghancurkan target berukaran besar seperti Kapal perusak, kapal penjelajah dan kapal induk. Cakrawala dilengkapi dengan sistem panduan canggih, yang memungkinkannya mencapai target secara akurat bahkan dalam kondisi cuaca buruk. Rudal dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai salah satu senjata paling efektif di gudang militer Indonesia, dan digunakan secara luas dalam konflik di seluruh wilayah. Sistem panduannya yang canggih dan kemampuannya untuk ditembakkan dari berbagai pesawat, termasuk jet tempur dan helikopter, menjadikannya aset berharga dalam gudang senjata militer Indonesia.

Radar

Radar AESA, bernama "Merdeka Radar" adalah sistem radar active electronically scanned array yang dikembangkan oleh industri dirgantara Indonesia. Ini dirancang agar sangat mudah beradaptasi dan mampu beroperasi di berbagai lingkungan yang berbeda.

Radar Merdeka mampu mendeteksi dan melacak beberapa target secara bersamaan, dan mampu memindai bidang pandang yang luas, memberikan IFX-50 Nusantara Merdeka kemampuan kesadaran situasional tingkat lanjut.

Sistem radar menggunakan teknik pemrosesan sinyal digital canggih, yang memungkinkannya mendeteksi dan melacak target pada jarak yang lebih jauh daripada sistem radar tradisional. Radar ini juga dilengkapi dengan mode radar aperture sintetik beresolusi tinggi, yang memungkinkannya menghasilkan gambar detail dari tanah atau permukaan.

Radar Merdeka juga memiliki kemampuan penanggulangan elektronik built-in, yang dapat mendeteksi dan mengganggu sinyal radar musuh, membuat IFX-50 Nusantara Merdeka lebih dapat bertahan di lingkungan yang tidak bersahabat.

Selain itu, sistem radar Merdeka memiliki tautan data berkecepatan tinggi, yang memungkinkannya berbagi informasi dengan platform dan sistem lain secara real-time, yang semakin meningkatkan kewaspadaan situasional dan efektivitas misi IFX-50 Nusantara Strike.

Sistem radar Merdeka adalah bagian mendasar dari IFX-50 Nusantara Merdeka, yang memberikan pesawat kesadaran situasional tingkat lanjut dan kemampuan penargetan, menjadikannya lawan yang tangguh dalam pertempuran udara-ke-udara dan udara-ke-darat.

Credit

Untuk Costom Senjata dan Radar, berasal dari NEOCORP